- Contoh Soal AKM SMP Numerasi dan Literasi Beserta Jawabannya
- Contoh Soal AKM SMA Numerasi dan Literasi Beserta Jawabannya
- Contoh Soal AKM 2022 Beserta Jawabannya
- Apa Itu AKM Dalam Pendidikan? Yuk Simak Penjelasan Lengkap Berikut Ini
- Manfaat Mengikuti Olimpiade Sains Nasional
- Bagaimana Cara Menjadi Juara KSN? Inilah 5 Rahasianya!
- Apakah Sertifikat Peserta Berguna untuk SNMPTN?
- 7 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah
- Jurusan IPS Bisa Masuk Fakultas Apa Saja ? Cek Disini !
- Jurusan IPA Bisa Masuk Fakultas Apa Saja ? Cek Disini !
- Inilah Rekomendasi Buku Kimia Terbaik
- Inilah Rekomendasi Buku IPS Terbaik
- Inilah Rekomendasi Buku IPA Terbaik
- Inilah Rekomendasi Buku Matematika Terbaik
Contoh Soal AKM SD Numerasi dan Literasi saat ini sangat dibutuhkan oleh para siswa yang akan menghadapi ujian AKM SD. Mulai dari contoh soal AKM SD kelas 4, contoh soal AKM SD kelas 5, contoh soal AKM SMA kelas 6. Ujian AKM atau Asesmen Kompetisi Minimum tentunya bukanlah yang mudah. Banyak persiapan yang harus disiapkan oleh para siswa agar dapat lulus ujian tersebut. Salah satunya adalah dengan cara rajin mengerjakan contoh soal AKM SD Numerasi dan Literasi.
Untuk membantu kamu menghadapi ujian AKM nanti kami dari POSI akan memberikan beberapa gambaran contoh soal AKM SD dan jawabannya. Berikut ini beberapa contoh soalnya.
Contoh Soal AKM SD NUMERASI (5 SOAL)
Nomor Soal : 1
Kompetensi dasar : Memahami bilangan bulat, khususnya bilangan bulat negatif
Soal
Sebuah bongkahan objek penelitian di laboratorium disimpan dalam freezer dengan suhu -14℃, jika dikeluarkan dari freezer objek penelitian tersebut akan mengalami kenaikan suhu yakni 1,5 ℃ setiap 3 menit. Maka objek penelitian tersebut dikeluarkan dari freezer selama 12 menit akan berada di suhu…℃.
- -6℃
- 6℃
- -8℃
- 8℃
Jawaban : C
Pembahasan
Jika berada di luar freezer selama 12 menit maka suhu akan naik sebanyak:
1,5 ℃=3 menitx ℃=12 menit
1,5x=3123x=18x=6℃
Maka suhu akan naik sebanyak 6℃, sehingga
-14℃+6℃=-8℃
Nomor Soal : 2
Kompetensi dasar : Memahami bilangan bulat, khususnya bilangan bulat negatif
Soal
Rinca menyelam ke dasar laut yang memiliki ke dalaman 120 meter, jika Rinca menyelam hingga 43 meter di atas dasar laut, maka Rinca menyelam sedalam… meter di bawah permukaan laut.
- 67 m
- 43 m
- 64 m
- 77 m
Jawaban : D
Pembahasan
Dapat dianggap bahwasanya permukaan laut adalah titik 0 dan dasar laut berada di -120 m dari permukaan laut, maka Rinca menyelam sejauh
-120m+43 m=-77 m
-77 m yang artinya adalah 77 meter di bawah permukaan laut.
Nomor Soal : 3
Kompetensi dasar : Menyatakan bilangan desimal dengan dua angka di belakang koma dan persentase dalam bentuk pecahan, atau sebaliknya.
Soal
Naira membeli gula merah 14 kg untuk membuat cendol. Karena kurang, Naira membeli lagi gula merah sebanyak 0,85 kg. Setelah selesai membuat cendol, ternyata masih tersisa 30% dari keseluruhan gula merah. Berapakah gula merah yang digunakan Naira untuk membuat cendol adalah….
- 0,77 kg
- 0,7 kg
- 0,33 kg
- 0,3 kg
Jawaban : A
Pembahasan:
Total gula merah naira adalah 14kg+0,85 kg=0,25 kg+0,85 kg=1,1 kg.
Gula merah yang tersisa adalah 30%:30100×1,1 kg=0,33 kg.
Maka gula merah yang digunakan untuk membuat cendol adalah 1,1 kg-0,33 kg=0,77 kg.
Nomor Soal : 4
Kompetensi dasar : Menyatakan bilangan desimal dengan dua angka di belakang koma dan persentase dalam bentuk pecahan, atau sebaliknya.
Soal
Perhatikan tabel BMI di bawah ini!
Nilai BMI | Artinya |
<18,4 | Kekurangan Berat Badan |
18,5-24,9 | Berat Badan Ideal |
25-29,9 | Berat Badan Berlebih |
30-39,9 | Gemuk |
>40 | Obesitas |
Cara menghitung BMI adalah
BMI=Berat Badan (kg)Tinggi Badan m×Tinggi Badan (m)
Berikut adalah berat badan Tentor di POSI
Nama | Berat Badan | Tinggi Badan |
Widya | 45 kg | 170 cm |
Yusuf | 72 kg | 173 cm |
Martha | 55 kg | 163 cm |
Lia | 47 kg | 160 cm |
Berdasarkan tabel di atas, yang memiliki BMI paling rendah urutan ke-dua adalah…
- Widya
- Yusuf
- Martha
- Lia
Jawaban : D
Pembahasan
BMI Widya = 451,7×1,7=452,89=15,57
BMI Yusuf =721,73×1,73=722,9929=24,06
BMI Martha =551,63×1,63=552,6569=20,70
BMI Lia =471,6×1,6=472,56=18,36
Sehingga yang memiliki BMI urutan paling rendah kedua adalah LIA.
Nomor Soal : 5
Kompetensi dasar : Mengetahui posisi bilangan desimal dengan dua angka di belakang koma pada garis bilangan serta posisi bilangan bulat termasuk billangan bulat negatif
Soal
Perhatikan tabel BMI di bawah ini!
Nilai BMI | Artinya |
<18,4 | Kekurangan Berat Badan |
18,5-24,9 | Berat Badan Ideal |
25-29,9 | Berat Badan Berlebih |
30-39,9 | Gemuk |
>40 | Obesitas |
Cara menghitung BMI adalah
BMI=Berat Badan (kg)Tinggi Badan m×Tinggi Badan (m)
Berikut adalah berat badan Tentor di POSI
Nama | Berat Badan | Tinggi Badan |
Widya | 45 kg | 170 cm |
Yusuf | 72 kg | 173 cm |
Martha | 55 kg | 163 cm |
Lia | 47 kg | 160 cm |
Siapakah diantara Tentor POSI yang paling gemuk?
- Widya
- Yusuf
- Martha
- Lia
Jawaban : B.
Pembahasan
BMI Widya = 451,7×1,7=452,89=15,57
BMI Yusuf =721,73×1,73=722,9929=24,06
BMI Martha =551,63×1,63=552,6569=20,70
BMI Lia =471,6×1,6=472,56=18,36
Semakin tinggi BMI maka akan semakin gemuk seseorang tersebut, maka yang paling gemuk adalah Yusuf.
Contoh Soal AKM SD LITERASI (5 SOAL)
Kompetensi Dasar : Menyimpulkan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep berdasarkan informasi rinci di dalam teks informasi yang sesuai jenjangnya.
Nomor Soal : 1
Mailing List
Mailing list adalah alamat email yang dapat digunakan oleh sekelompok pengguna internet, untuk dapat melakukan kegiatan saling tukar menukar informasi. Pesan yang dikirim menuju ke alamat milis, akan otomatis diteruskan ke alamat email para anggotanya. Maling list ini disebut dengan milis.
Pengelompokkan alamat email di artikan pada saat surat yang di kirim menuju alamat tersebut, dengan otomatis dapat mengirimkannya ke semua alamat yang telah dilakukan pendaftaran dengan mengirim ke mailing listnya saja. Metode mengirimkan email ini dapat di setting, apakah dapat diterima oleh semua orang atau langsung diterima.
Fungsi dari mailing list sendiri yakni agar dapat berkomunikasi dengan menggunakan teknologi yang minimalis, dan juga membuat anggota milis dapat menerima suatu email yang telah dikirim anggotanya tanpa harus melakukan pengiriman yang dilakukan satu per satu pada setiap anggotanya.
Dalam melakukan hubungan dengan komunitas misalnya dengan keluarga besar, atau yang merupakan teman-teman di seluruh daerah yang telah tersebar. Maka, mailing list ini dapat dimanfaatkan menjadi jalan untuk melancarkan komunikasi.
(Sumber: https://teks.co.id/pengertian-mailing-list/)
Berikut ini simpulan yang tepat untuk paragraf keempat berdasarkan teks tersebut adalah…
- Menggunakan mailing list memudahkan komunikasi dalam dunia pendidikan.
- Mailing list sangat berguna dalam mempererat komunikasi kapanpun dan d imanapun.
- Hubungan komunitas seperti halnya keluarga dan teman yang tersebar di seluruh daerah sangat penting untuk dilakukan.
- Mailing list dapat dimanfaatkan dalam melancarkan komunikasi dengan komunitas seperti keluarga maupun seluruh teman yang tersebar di seluruh daerah.
Jawaban : D
Pembahasan
Salah satu cara dalam menyimpulkan paragraf yakni berdasarkan ide pokok dari paragraf tersebut. Pada paragraf tersebut dapat ditentukan:
Dalam melakukan hubungan dengan komunitas misalnya dengan keluarga besar, atau yang merupakan teman-teman di seluruh daerah yang telah tersebar. (Kalimat penjelas)
Maka mailing list ini dapat dimanfaatkan menjadi jalan untuk melancarkan komunikasi. (Kalimat Utama)
Sehingga simpulan yang tepat ialah ‘Mailing list dapat dimanfaatkan dalam melancarkan komunikasi dengan komunitas seperti keluarga maupun seluruh teman yang tersebar di seluruh daerah’ (Opsi D).
Nomor Soal : 2
Kompetensi Dasar : Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks informasi.
Soal
Perhatikan infografis berikut ini!
(Sumber: https://twitter.com/kpp_pa/status/1118371771680530432/photo/1)
Berikut ini yang merupakan tujuan dari infografis di atas adalah…
- Menyampaikan informasi tentang pengertian, jenis-jenis, sanksi, serta dasar hukum pada tindakan bullying/perundungan.
- Menginformasikan pentingnya melawan tindakan bullying/perundungan dan mengurangi korban.
- Menginformasikan persentase korban bullying/perundungan yang terjadi di Indonesia.
- Menyampaikan beberapa alasan mengapa pelaku bullying/perundungan melakukan tindakan tersebut.
Jawaban : A
Pembahasan
Tujuan dari infografis tersebut adalah menyampaikan Menyampaikan informasi tentang pengertian, jenis-jenis, sanksi, serta dasar hukum pada tindakan bullying/perundungan. Seluruh poin terkait pengertian, jenis-jenis, sanksi, serta dasar hukum disampaikan pada infografis tersebut.
Nomor Soal : 3
Berikut ini yang bukan merupakan pernyataan yang benar berdasarkan teks infografis di atas adalah…
- Dasar hukum tindakan bullying/perundungan terdapat pada UU Nomor 35 Tahun 2014 Pasal 76C.
- Jenis-jenis bullying/perundungan terdiri atas verbal bullying, physical bullying, social bullying, dan cyber bullying.
- Persentase bullying meningkat di Indonesia disebabkan oleh pelaku yang dulunya juga pernah mengalami tindakan bullying tersebut.
- Sanksi bagi orang yang melanggar aturan pasal 76C akan ditindak pidana penjara paling lama 3 tahun 6 bulan dan/atau denda maksimal 72 juta rupiah.
Jawaban : C
Pembahasan
Persentase bullying meningkat di Indonesia disebabkan oleh pelaku yang dulunya juga pernah mengalami tindakan bullying tersebut (Opsi C). pernyataan tersebut tidak ditemukan pada infografis.
Nomor Soal : 4
Kompetensi Dasar : Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri benda) dalam teks informasi
Soal
Apa itu Fotosintesis?
Fotosintesis adalah suatu proses biokimia pembentukan zat makanan seperti karbohidrat yang dilakukan terutama oleh tumbuhan karena mengandung zat hijau daun atau klorofil. Mencakup pengertian fungsi-fungsi serta reaksi fotosintesis gelap dan terang. Proses-proses tersebut merupakan sumber energi bagi hampir semua kehidupan di Bumi.
Fotosintesis tak hanya terjadi pada tumbuhan namun juga organisme. Fotosintesis adalah proses dimana tanaman juga beberapa organisme menghasilkan makanan sendiri melalui karbon dioksida, air serta energi dari sinar matahari.
Sampai sekarang fotosintesis masih terus dipelajari karena masih ada sejumlah tahap yang belum bisa dijelaskan, meskipun sudah sangat banyak yang diketahui tapi proses fotosintesis sangat kompleks oleh sebab itu para ahli terus mengembangkannya.
Pada dasarnya, rangkaian proses reaksi fotosintesis terbagi menjadi dua bagian utama: reaksi terang (karena memerlukan cahaya) dan reaksi gelap (tidak memerlukan cahaya tetapi memerlukan karbon dioksida).
Reaksi terang terjadi pada grana (tunggal: granum), sedangkan reaksi gelap terjadi di dalam stroma. Dalam reaksi terang, terjadi konversi energi cahaya menjadi energi kimia dan menghasilkan oksigen (O2). Sedangkan dalam reaksi gelap terjadi seri reaksi siklik yang membentuk gula dari bahan dasar CO2 dan energi (ATP dan NADPH). Energi yang digunakan dalam reaksi gelap ini diperoleh dari reaksi terang. Pada proses reaksi gelap tidak dibutuhkan cahaya Matahari. Reaksi gelap bertujuan untuk mengubah senyawa yang mengandung atom karbon menjadi molekul gula.
Apa pun itu, untuk diketahui bahwa selain tumbuhan berkalori tinggi, makhluk hidup non-klorofil lain yang berfotosintesis adalah alga dan beberapa jenis bakteri. Organisme ini berfotosintesis dengan menggunakan zat hara, karbon dioksida, dan air serta bantuan energi cahaya matahari.
Fungsi fotosintesis adalah memproduksi zat makanan berupa glukosa. Nah, Glukosa itu sendiri merupakan bahan bakar dasar pembangun zat makanan lain, yaitu lemak dan protein dalam tubuh tumbuhan. Dari sinilah, dapat dilihat bahwa kemampuan tumbuhan mengubah energi cahaya menjadi energi kimia selalu menjadi mata rantai makanan.
Adapun fungsi tersebut terjadi karena dalam proses pembuatan makanan dilakukan oleh tumbuhan dengan menggunakan air (H2O), karbondioksida (CO2) juga membutuhkan bantuan energi cahaya matahari kemudian menghasilkan zat makanan juga Oksigen (O2).
(Sumber: https://pelajarancg.blogspot.com/2018/01/pengertian-fotosintesis-contohnya.html)
Pada proses fotosintesis, dalam reaksi terang terjadi konversi energi cahaya menjadi energi kimia yang menghasilkan…
- Oksigen
- Karbondioksida
- Glukosa
- Hidrogen
Jawaban : A
Pembahasan
Pada proses fotosintesis, dalam reaksi terang terjadi konversi energi cahaya menjadi energi kimia yang menghasilkan Oksigen (Opsi A). hal tersebut dijelaskan pada kalimat kedua paragraf kelima teks tersebut.
Nomor Soal : 5
Berikut ini merupakan zat yang digunakan dalam berfotosintesis oleh organisme seperti alga dan beberapa jenis bakteri, kecuali…
- Air
- Karbon dioksida
- Zat hara
- Tanah
Jawaban : D
Pembahasan
Pada proses fotosintesis, zat yang digunakan oleh organisme seperti alga dan beberapa jenis bakteri adalah zat hara, karbon dioksida, dan air. Hal tersebut disampaikan pada paragraf keenam pada teks. Jadi, tanah (Opsi D) bukan merupakan zat yang digunakan dalam proses fotosintesis tersebut.
Itulah beberapa gambaran contoh soal AKM SD beserta jawabannya. Semoga contoh soal AKM SD diatas dapat bermanfaat dan memudahkan kamu dalam mengerjakan ujian AKM. Bagi kamu yang tertarik untuk belajar lebih untuk persiapan tes AKM bisa join Member POSI ya.